Nov 17, 2016

Obat Steroid Adalah Hormon Pembangun Otot yang Bisa Berbahaya

Introduction



It's about time I made this article.
Gua sengaja menunggu sampai reach gua ke Audience sedikit lebih besar; agar lebih banyak orang bisa tahu kenyataan pahit Industri Fitness.

Untungnya, kebanyakan orang pasti bisa mencapai target fitnessnya tanpa menggunakan steroid.
Orang-orang awam pasti cukup senang dengan badan yang lean dan toned, seperti Zac Efron misalnya.

"Gua ga mau terlalu gede kayak bodybuilder"- You

Kalo lo ga pake steroids, lo ga bakal jadi gede banget sampe kayak bodybuilder. Jangan jadiin ini alasan "takut latihan"

PLEASE HELP ME BY SHARING THIS ARTICLE.
STAY STRONG BRUHS.





__________________________________________________________________


Daftar Isi

  1. Apa Itu Steroid?
  2. Kontroversi Steroid dan Industri Fitness
  3. Industri yang Berbohong - You Can't Believe Anything 100%
  4. Apakah Efek dari Penggunaan Steroid?
  5. Mengapa Steroid Berbahaya dan Illegal?
  6. Apakah Steroid Bisa digunakan Dengan Aman?
  7. Bagaimana Cara Tahu jika Orang Menggunakan Steroid?
  8. Penutup dan Take Home Message
  9. References


__________________________________________________________________


1. Apa Itu Steroid


Steroid ada banyak sekali jenisnya; tetapi jenis yang relevan dalam dunia fitness adalah Androgenic-Anabolic Steroids (AAS) yang Hormon merupakan Testosterone sintetis [1].

.....what?

I know it's a bit confusing, tapi tolong dengerin sebentar.

Hormon utama cowo adalah Testosterone yang memiliki beberapa efek seperti membangun otot dan membakar lemak. Steroid itu bukan Testosterone yang natural yang diproduksi tubuh; melainkan testosterone buatan laboratori yang disuntikkan / diminum oleh seseorang dengan target meningkatkan performa sebagai atlet [1].

Tapi yang paling banyak make steroid tuh cuman orang yang pengen bikin badannya jadi keren aja [2] [7].

Nah itu bisa jadi preview untuk bagian berikut. Steroids tentu membantu, tetapi latihan dan pola makan tetap faktor paling penting. 

Summary:
Steroids adalah hormon Testosterone sintetis yang bisa digunakan melalui dua bentuk; Pil dan Suntikan, dan digunakan untuk meningkatkan massa otot, performa, dan meningkatkan pembakaran lemak. 


__________________________________________________________________


2. Kontroversi Steroid dan Industri Fitness


UUD No.3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional melarang Doping dalam kompetisi [3].
Tentu saja Steroid termasuk Doping itu; tetapi masyarakat Indonesia memang belum terlalu tahu apa itu Steroid.

Sebagai contoh, penggunaan ganja / marijuana memiliki stigma yang sangat negatif pada masyarakat; dimana narkoba tersebut dianggap sangat berbahaya dan merupakan jenis narkoba yang paling sering dijadikan target razia (search aja 'ganja', News di google). 

Kalo Steroid... Tidak terlalu banyak yang tahu apa guna, efek, maupun bahayanya. 

Gua agak kesusahan menemukan UUD perihal penjualan Steroid di Indonesia, tetapi setau gua Steroid (AAS) termasuk obat yang dilarang jual bebas, dalam arti boleh digunakan asal ada resep / supervisi dokter.

Di Indonesia, Steroid bukan obat terlarang.
Hanya dilarang jual bebas.

(Jika ada yang tahu pasal mengenai penjualan Steroid, mohon tuliskan dibawah agar gua bisa merevisi article ini, thanks mang).

The Controversy

Steroid itu termasuk obat dilarang di Amerika (USA) [4] dan kebanyakan figur fitness paling terkenal biasanya dari Amerika. 

Misalnya kita omongin orang-orang seperti Jay Cutler, Kai Greene, dan Arnold Schwarzenegger, mereka smua pasti menggunakan steroid.

TETAPI PADA UMUMNYA, TIDAK AKAN ADA YANG MENGAKU BAHWA MEREKA MENGGUNAKAN STEROID*


*kecuali Rich Piana dan beberapa orang lain


LET'S GET BIG C'MON!!!!!


__________________________________________________________________


3. Industri yang Berbohong - Jangan Percaya Siapapun 100%


Coba pikir saja pakai logika.
Jika kalian ingin memulai karir di dunia fitness dan menggunakan obat terlarang, masak lo bakal ngaku?

Tolong dimengerti.
Gua akan mengulang ini berkali-kali.

MUSTAHIL UNTUK TAHU JIKA SESEORANG MENGGUNAKAN STEROID ATAU NATURAL


Karena itulah banyak orang yang mengaku 'Natural'.

Buat apa jujur dengan penggunaan steroid, lalu kehilangan subscriber dan sales merchandise, kalau kenyataannya tidak ada yang bisa membuktikan bahwa anda menggunakan steroid?

Coba lihat fakta-fakta dibawah mengenai steroid dan drug testing:

  • Steroid itu ada banyak sekali jenisnya.
    Contoh Steroid Pill: Dianabol, Winstrol, Anavar
    Contoh Steroid Suntikan: Testoesterone Enanthate, Testosterone Cypionate
    (Kadang yang suntikan bisa diproduksi dalam bentuk pil dan begitu juga sebaliknya)

  • Untuk tahu apakah seseorang menggunakan steroid, harus konfirmasi dengan tes darah, urine, dan rambut [5].

  • Tes-tes tersebut harganya mahal, dan satu kali tes tidak akan menganalisa seluruh jenis steroid berbeda yang beredar. Bisa saja dia menggunakan jenis steroid terbaru yang tidak terdeteksi (cukup langka)

  • Sangat banyak cara untuk 'lolos' dari tes tersebut (drug test urine, darah dll).
    Sebagai contoh,
    anda bisa beli bubuk sachet kencing yang bisa disimpan, lalu digunakan sebagai 'materi kencing anda' saat tes doping.

  • Kalo mau liet metode-metode lain agar lolos tes sebagai 'natural', silahkan baca ini:
    http://nattyornot.com/steroid-using-bodybuilders-pass-drug-tests/

Selain itu, ada cara paling gampang untuk lolos drug testing Steroids:

STOP PENGGUNAAN STEROID BEBERAPA BULAN SEBELUM DITES

Orang awam pasti mikirnya penggunaan steroid sangat simpe.
No. You are wrong.

Steroid itu bukan sekali suntik / sekali minum pil terus langsung jadi Arnold Schwarzenegger.
Pada umumnya sekali penggunaan steroid itu disebut 1 cycle, dimana anda terus menyuntik dan meminum pil steroid setiap hari selama 1 - 3 bulan [6].

Yes, penggunaan steroid itu bisa mahal. 

Balik ke topik awal..
Seorang atlet 'natural' yang pintar akan berhenti menggunakan steroid beberapa bulan sebelum tanggal tes yang diumumkan (tetapi banyak komite olah raga melakukan surprise drug testing), dan saat di tes..

Mereka akan terlihat natural walau di masa lalu menggunakan steroids.


Ini Hanya Penjelasan Simple - Penggunaan dan Metode Deteksi Steroids itu tidak se-simple ini.

Just Remember...

MUSTAHIL UNTUK TAHU JIKA SESEORANG MENGGUNAKAN STEROID ATAU NATURAL




__________________________________________________________________


4. Apakah Efek dari Penggunaan Steroid?

They make you stronger, faster, bigger [8].

Jujur aja, AAS (steroids) adalah wonderdrug, dalam arti efek positif mereka dalam dunia fitness sangat amat manjur.

Ada yang suka baca sejarah? Pernah dengar istilah Perang Dingin?

Jaman Russia masih Uni Soviet dan Amerika yang melalui perang dingin sangat menarik untuk dibaca. 
Perang mereka tidak hanya dalam dunia Espionage dan Covert Operations, tetapi juga di DUNIA OLIMPIADE.


The race was on!

2 Negara yang pada saat itu paling kuat di dunia,  Russia (Soviet Union) dan Amerika saling bertanding dan mendominasi Olimpiade. 

Pertarungannya dilakukan dengan persiapan di 2 tempat:
  1. Gym Tempat Atlet Latihan
  2. Laboratorium
Mengapa Laboratorium?

Kedua Negara tersebut ingin menciptakan formula steroid yang paling sempurna [9].

Dan pada jaman tersebut (tahun 1940 - 1950an) penggunaan steroid belum dimengerti dan belum dilarang oleh Komite Internasional Olimpiade [10].

Intinya..... AAS (Steroids) bikin lo lebih kuat.
Tergantung resep steroidnya, bisa membuat lo lebih kuat atau cepat.

Atlet-atlet bodybuilding, cyclist, javelin thrower, swimmer, weightlifting dll pasti akan memiliki resep mutakhir sendiri yang berbeda.

Steroid itu sangat efektif.

Coba lihat studi dibawah ini [11]:





Studi ini melihat efek penggunaan steroid terhadap kekuatan dan ukuran otot pada pria dalam waktu 10 minggu. 


Orang-orang yang dipelajari dalam studi ini dibagi menjadi 4 grup dan hasilnya (Setelah 10 Minggu) adalah sebagai berikut:

  1. Grup 1 = Tidak Latihan, Tidak Menggunakan Steroid. Berat Otot Tidak Bertambah
  2. Grup 2 = Tidak Latihan, Menerima Suntikan 600mg Testosterone Enanthate (AAS) tiap minggu. Berat otot naik 3.2kg
  3. Grup 3 = Latihan, Tidak Menggunakan Steroid (natural). Berat otot naik hanya 1.8kg
  4. Grup 4 = Latihan, Menerima Suntikan 600mg Testosterone Enanthate (AAS) tiap minggu
    Berat Otot naik 5.9kg

Tentu saja grup 1 tidak mengalami pembesaran otot atau pertambahan kekuatan (mereka tidak latihan dan tidak dapat steroid)
Tapi yang paling menarik perbandingan Grup 3 dan Grup 2.

Grup 3 yang latihan secara natural ototnya bertambah sebanyak 1.8kg
Grup 2 yang TIDAK LATIHAN tapi mendapatkan suntikan Steroid ototnya bertambah berat sebanyak 3.2kg 

GRUP 2 MENGALAMI PERKEMBANGAN OTOT LEBIH BANYAK DARI GRUP 3 PADAHAL TIDAK LATIHAN ( Berkat Steroids )


Btw, program latihan dan diet semua partisipan studi ini disamakan.
Yang latihan di gym menggunakan program yang sama semua. 

Variabel yang dipelajari adalah efek steroid.


Bro! Yang pake steroid dan latihan nambah ototnya berapa banyak?
Good Question!

Yang latihan lalu juga pake steroid ototnya bertambah sebanyak 5.9 kg dalam waktu 10 minggu.
Hebat kan?

Nahhhhh saudara-saudara.....

Inilah alasannya mengapa gua menyarankan kalian tidak latihan bodypart split.
Inilah alasannya mengapa gua menyarankan kalian melatih seluruh otot 2x seminggu, biasanya dengan full body workout.


Orang kalo pake steroid, latihan kayak gimanapun pasti akan melihat hasil!
Sedangkan atlet natural harus menggunakan program yang lebih berstruktur.
Mau latihan bodypart split (hari ini chest, besok back dll) gapapa, tapi pastiin aja seluruh otot kelatih 2x seminggu. 

Kalian sebagai atlet natural harus latihan seperti atlet natural. 

More info on Program Latihan here





__________________________________________________________________


5. Mengapa Steroid Berbahaya dan Illegal?


Selama 2 tahun terakhir, sudah cukup banyak orang yang menanyakan gua pertanyaan seperti:

"Bro, cara pake dianabol gimana nih? Gua abis beli disaranin sama PT gua"

Saat gua bicara dengan orang tersebut..
Ternyata dia mikir dianabol itu hanya suplemen fitness.
Bahkan, dia tidak tahu apa itu steroid.

So....
Ini menurut gua adalah alasan pertama mengapa steroid berbahaya.

Steroid bukan berbahaya karena zatnya tidak bisa digunakan dengan aman....
Steroid itu berbahaya karena banyak orang menyalahgunakan obat tsb tanpa pengetahuan yang benar.


For example...
Kebanyakan orang mikir Steroid Pil itu lebih aman.

Kayaknya masuk akal ya?
Pil pasti lebih aman dibanding suntik kan?


(Ingat bahwa steroid bisa disuntikkan atau diminum dalam bentuk pil)


Sebenernya Steroid Suntikan jauh Lebih Aman dibanding Steroid Pil [12].

Why?

Karena apapun yang kita makan harus melewati organ hati dulu sebelum masuk peredaran darah.

Organ hati adalah organ detoksifikasi, dan sang hati akan berusaha mengeluarkan / menon-aktifkan segala zat yang menurutnya bisa berbahaya.

Jika kita meminum pil steroid, hati akan mem-proses steroid tersebut (detilnya ga usah gua jelasin) dan inilah alasannya mengapa pil steroid lebih berbahaya.


Lah kalo suntikan ga lewatin hati bro?


Suntikan itu langsung masuk ke peredaran darah dan jumlah steroid yang mencapai hati dari peredaran darah
jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan steroid yang diminum dalam bentuk pil.

Tapi...
Bukan berarti menggunakan steroid itu aman 100% tanpa efek samping ya....

Secara pribadi, menurut gua manfaat penggunaan steroid tidak sepadan dengan risiko kesehatan yang mungkin dialami pada hari tua.

Berikut adalah efek samping penggunaan steroid yang mungkin dialami [13]:
  • Acne / Jerawatan, Kulit / Rambut berminyak berlebihan
  • Rontoknya rambut
  • Tumor / Cyst pada organ Hati
  • Penyakit Ginjal
  • Perubahan mood / temperamen, depresi, dan perasaan ingin bunuh diri
    (efek ingin bunuh diri paling terasa saat pengguna steroid berhenti tanpa Post Cycle Treatment yang akan dibahas singkat dibawah)
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Meningkatnya Kolesterol
  • Gynecomastia, berkembangnya dada pria menjadi besar seperti wanita
  • Mengecilnya Buah Zakar
    (Ukuran Buah Zakar akan balik normal setelah pengguna steroid berhenti menggunakan steroid)
  • Mandul
  • Tumbuh kumis / janggut / rambut pada badan yang berlebihan
  • Menghambat pertumbuhan jika digunakan pada masa pubertas
  • Risiko terkena infeksi jika pengguna steroid menggunakan suntikan tidak bersih (steril).

So...
Menurut gua sih steroid tidak hanya mahal tetapi juga terlalu banyak risikonya.

Tetapi.....

__________________________________________________________________


6. Apakah Steroid Bisa digunakan Dengan Aman?

Tentu bisa.
Semua orang dibawah ini pernah tertangkap menggunakan steroid:

  • Diego Maradona [21]
  • Lance Armstrong [19]
  • Arnold Schwarzenegger [17]
  • Brock Lesnar [16] menggunakan anti-estrogen
  • Maria Sharapova (Menggunakan Meldonium, technically not a steroid, tetapi dilarang) [15]
  • Anderson Silva [14]
  • Sylvester Stallone [18]


Rambo and Rocky


Dan...
masih sangat banyak lagi......

I'm sure kebanyakan dari kalian tau Zyzz (Aziz Shavershian)

Gua kuliah di Australia, dan Zyzz itu sangat terkenal sebagai king of aesthetics (RIP). 
Of course, Zyzz adalah pengguna steroid.


Penyebab dia meninggal bukan karena steroid saja tapi, ternyata dia memiliki kondisi genetik jantung yang diperparah dengan penggunaan steroidnya [21]. So.... penyebab dia meninggal bukan steroid (tidak secara langsung). 

Btw, misalnya kalian mau nanya gua pertanyaan-pertanyaan bodoh seperti:

"Bro, lo tau si x ga? Dia natural atau steroid?"

MUSTAHIL UNTUK TAHU JIKA SESEORANG MENGGUNAKAN STEROID ATAU NATURAL


So please don't ask me if Jeff Seid is natural or not.

Balik ke topik, yes steroid bisa digunakan dengan aman jika menggunakan supervisi dokter. 

Hampir semua efek samping yang dijelaskan diatas bisa diatasi dengan berbagai macam obat lain.

Sebagai contoh, obat clomid atau nolva seringkali digunakan untuk mengatasi efek samping Gynecomastia (Cowo jadi punya toket kayak cewe) saat penggunaan steroid. 

Pengguna steroid yang pinter juga pasti memeriksa darah kolesterol, blood lipids, dan tekanan darah setidaknya 1 bulan sekali saat menjalankan Cycle of Steroids  (Ingat, satu cycle pada umumnya 1-3 bulan).

Pengguna steroid yang pinter juga tahu perbedaannya dosis cycle atau dosis 'Cruising'.
Dosis cruising maksudnya hanya menggunakan dosis yang agak rendah untuk mempertahankan massa otot.


Pengguna steroid yang pinter juga harus tau prinsip-prinsip Post Cycle Treatment agar otot dapat dipertahankan dengan efek samping minimal.

Steroid itu mahal karena yang harus lo beli bukan steroid doang.


Bro, jelasin cara pake steroid dengan aman dong!
Ga. Gua ga mau dipenjara.
I like my freedom, thank you very much.



Remember...


Steroid itu memang digunakan dalam dunia medis...
Terutama untuk pasien-pasien yang termasuk kondisi kritis dan ototnya menyusut dengan drastis.

Pasien-pasien AIDS, Muscular Dystrophy, dan Kanker seringkali diberikan steroids dan dengan supervisi, biasanya aman dan dapat membantu progress mereka [24].


__________________________________________________________________

7. Bagaimana Cara Tahu jika Orang Menggunakan Steroid?


Ga bisa.......Let me remind you....

MUSTAHIL UNTUK TAHU JIKA SESEORANG MENGGUNAKAN STEROID ATAU NATURAL


Tapi....

Ada beberapa metode untuk melihat apakah seseorang atlet itu natural atau tidak.
Metode-metode itu juga tidak sempurna, but it's all we got.

Dan itu akan gua bahas pada artikel berikut.

SO STAY TUNED!


__________________________________________________________________

8. Penutup dan Take Home Message


Tolong dimengerti..
Gua sama sekali tidak bermaksud menjelek-jelekkan pengguna steroid.

Pada umumnya, pengguna steroid itu lebih cepat pulih dari sesi latihan, dan bisa langsung latihan lagi tanpa banyak istirahat. Bahkan, pengguna steroid yang terkenal itu pasti latihan lebih keras dibanding atlet natural.

Jadi..
Kalau kita melihat figur-figur diatas yang terkenal dan menggunakan steroid.....


Pada akhirnya, mereka tetap menjadi sumber inspirasi kan?

Apakah mereka merugikan orang secara langsung?
Menurut gua tidak.


Mungkin pengguna steroid itu bohong dan jualan program latihan bogus tanpa menjelaskan peran steroid dalam karir fitness mereka. Karena itulah kita semua harus belajar untuk mempertanyakan segala hal.

QUESTION EVERYTHING.
DO YOUR RESEARCH.
DON'T BELIEVE EVERYTHING YOU HEAR.

Termasuk gua.
Misalnya ada hal yang gua omongin; jangan langsung percaya.
I want you to question me too, develop your own opinions.


Regards and stay strong!!!

__________________________________________________________________

9. Mothafuck*n References


  1. H, H. (2016). Effects of androgenic-anabolic steroids in athletes. - PubMed - NCBI . Ncbi.nlm.nih.gov. Retrieved 17 November 2016, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15248788
  2. Anabolic Androgenic Steroids: A Survey of 500 Users. Andrew B. Parkinson, Nick A. Evans. Med Sci Sports Exerc. 2006;38(4):644-651.
  3. UU No.3 Thn 2005 - Sistem Keolahragaan Nasional. (2016). Hukum.unsrat.ac.id. Retrieved 17 November 2016, from http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_3_05.htm
  4. Steroid Laws. (2016). Anabolics.com. Retrieved 17 November 2016, from http://www.anabolics.com/pages/Steroid-Laws#.WC0usrJ96po
  5. Urine Testing. Drug Testing Network. (2016). Drugtestingnetwork.com. Retrieved 17 November 2016, from https://drugtestingnetwork.com/urine-testing
  6. Cy Willson, T. (2016). Steroids for Dummies | T Nation. T NATION. Retrieved 17 November 2016, from https://www.t-nation.com/pharma/steroids-for-dummies
  7. Most steroid users are not athletes: study. (2016). Reuters. Retrieved 17 November 2016, from http://www.reuters.com/article/us-steroid-users-idUSCOL17558920071121
  8. Kicman, A. (2008). Pharmacology of anabolic steroids. British Journal Of Pharmacology, 154(3), 502-521. doi:10.1038/bjp.2008.165
  9. Baker, M. (2011). The Amazing History of Anabolic Steroids in Sports. MESO-Rx. Retrieved 17 November 2016, from https://thinksteroids.com/articles/history-anabolic-steroids-sports/
  10. Doping at the Olympic Games. (2016). En.wikipedia.org. Retrieved 17 November 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/Doping_at_the_Olympic_Games
  11. The Effects of Supraphysiologic Doses of Testosterone on Muscle Size and Strength in Normal Men — NEJM. (2016). New England Journal of Medicine. Retrieved 17 November 2016, from http://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJM199607043350101
  12. Oral vs. Injectable Steroids. (2016). Anabolic.co. Retrieved 17 November 2016, from http://anabolic.co/steroids/comparing-steroids-oral-vs-injection/
  13. National Institute on Drug Abuse (NIDA). Research Reports. Anabolic Steroid Use. Accessed October 30, 2012 http://www.drugabuse.gov/publications/research-reports/anabolic-steroid-abuse
  14. http://www.mmafighting.com/2015/2/17/8055521/anderson-silva-also-tested-positive-for-three-banned-substances-in
  15. http://edition.cnn.com/2016/03/08/health/sharapova-doping-meldonium-mildronate/
  16. http://www.mmafighting.com/2016/7/23/12261944/brock-lesnar-tested-positive-for-anti-estrogen-lesnar-jon-jones-won-t
  17. http://abcnews.go.com/ThisWeek/Health/story?id=532456
  18. http://blogcritics.org/sylvester-stallone-admits-using-human-growth/
  19. https://www.bloomberg.com/news/articles/2013-04-17/armstrong-tested-positive-for-steroids-four-times-in-1999-tour
  20. http://www.nytimes.com/1994/07/01/sports/world-cup-94-after-second-test-maradona-is-out-of-world-cup.html
  21. http://www.dailytelegraph.com.au/news/nsw/facebook-favourite-and-aspiring-model-aziz-shavershian-22-dies-in-thailand-sauna/story-e6freuzi-1226111960086
  22. Nolvadex - Steroid.com. Retrieved 17 November 2016, from https://www.steroid.com/Nolvadex.php
  23. Clomid - Steroid.com. Retrieved 17 November 2016, from https://www.steroid.com/Clomid.php
  24. Principles of Pharmacology for Athletic Trainers. (2016). Google Books. Retrieved 17 November 2016, from https://books.google.co.id/books?id=wbkoeZuwqjwC&pg=PA345&redir_esc=y


========================================================

Other Reading / Videos

Misalnya kalian tertarik melihat film dokumenter tentang steroids, nonton film ini deh:
https://en.wikipedia.org/wiki/Bigger,_Stronger,_Faster*

27 comments:

  1. wach keren banget kang mas Jarang jarang ada yg membahas sprti ini,thank bnget kang mas brodibalo,selalu membrikan wawasan yg baru

    ReplyDelete
  2. Artikel yg sangat bagus bro!! Terus berkarya bro..

    ReplyDelete
  3. Great sharing as usual bro! Always love your article!

    -Gustaaf

    ReplyDelete
  4. Mungkin gini bro, untuk mengetahui atlet tsb make steroid apa ga adalah dengan liat beban angkatannya

    Misal bisa deadlift 80kg 1rm seminggu kemudian dia bisa deadlift 80kg 8-12 repetisi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Steroids tidak meningkatkan performa secepet itu bro
      Tetapi iya, pada umumnya yang steroid pasti sedikit lebih kuat.

      Peran steroid sebenernya lebih besar di dunia bodybuilding.
      Kalo powerlifting, perbedaan kekuatan federasi natural vs enhanced tidak sampai 10-30 persen

      Delete
  5. Artikel yang sangat informatif n full of knowledge.. Keren bro karena lo bisa membahas dari sisi medis juga, ga heran deh klo lo lulusan Medical Science.. Wkwkwk.. Keep it up bro

    ReplyDelete
  6. Artikelnya keren bro...
    Tp itu bukan uud tp uu kyknya deh bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahhahahha bener bro, mohon maaf.
      Kadang2 suka error kepala gua

      Delete
  7. Kalo penggunaan testoteron booster itu juga bahaya gx broo..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya buat dompet lo, bakal tipis dengan hasil minimal.
      Baca MITOS SUPLEMEN diatas bro

      Delete
  8. Mantep deh,artikelnya gk terlalu memojokkan

    Oh iya setau gw winstrol itu injeksi,kalo oralnya namanya stanozolol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bro.
      Tapi kalo chemist pinter bisa bikin winstrol pil juga kok
      https://www.steroid.com/winstrol-pills.php

      Delete
  9. Ane pake jamu si mbah aja bro haha...

    ReplyDelete
  10. lu tau banget bang cara make steroid yang pinter sama yg kgk. jangan-jangan lu.................juga......searching di google ya

    ReplyDelete
  11. Great post bro. Indonesia butuh orang2 yg teredukasi dan mau sharing spt lo.
    Respect, man. 👊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks brother.
      I'm gonna do my best to catch up to your lifts lol

      Delete
  12. Bro iti Undang-undang bukan UUD kalau UUD mah 1945 dasar negara kalau UU itu dibawahnya UUD45 😁😁

    ReplyDelete
  13. Keren bro, bener-bener bermanfaat pengetahuan baru khususnya buat gw.

    ReplyDelete
  14. terima kasih bang, artikelnya sangat bagus, gw jadi nambah ilmu :D

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Pengetahuan yang bagus,
    Apakah setelah penggunaan streoid hormon bisa kembali normal?

    ReplyDelete